Feb 15, 2008

Kok diterbitin sih?!

Begitu banyak jenis buku yang ada di pasaran. Masing-masing jenis pasti punya penggemarnya sendiri-sendiri. Dan bukan ngga mungkin kalo banyak komentar yang masuk untuk buku-buku tersebut.

Gagas punya tips nih buat kalian mengenai “komentar tentang buku.” Kalau kalian membaca buku dan merasa buku itu tidak menarik, jangan buru-buru mencela penulisnya. Kalau buku itu sampai masuk ke pasaran, berarti buku itu memang layak terbit (redaksi pasti sudah memikirkannya matang-matang). Urusan jelek atau tidak, tergantung selera pasar. Gampangnya, kalau menurut kalian buku itu jelek, anggap saja kalian bukan target market (target pembaca) nya.

Contohnya buku pelajaran! Wahhh… pasti kebanyakan dari kita bilang “kalo ngga disuruh beli sama bu guru, kagak mungkin gue beli, dah, buku begituan!” Nah, ini berarti, kamu bukan targetnya. Jadi siapa targetnya? Bisa jadi para guru dan sekolah-sekolah kamu semua.

Gagas berharap dengan membaca tips diatas, kalian bisa berpikir lebih objektif. Daripada salah ngomong tanpa referensi yang baik, mendingan diem dan berpikir “kenapa” bukan? Itu akan membuat pola berpikir kita jadi lebih baik.

Have a Nice Day.

0 comments:

Post a Comment