Mar 4, 2008

Anak Ayam Menjawab

Apa yang lo lakuin ketika menghadapi penulis malas (padahal deadline mengejar)???


Ninish: "Gue sms, telpon, dan ingetin tiap hari. Gue ngga bisa marah-marah dan pasang tampang muka gahar. Habis i'm too cute sih. hehehe"


Christian: "Gue sih nyante aja cerita soal situasi naskahnya. kalo ngga menuhin deadline ya mundur deh jadwal terbitnya. Setiap kali meleset dari deadline, gue langsung nyari gantinya. Biar ngga ada yang miss."


Resita: "Ehmm... keep contact ama penulisnya. Katanya, editor itu kayak mak comblang. Jadi, editor tuh mesti bikin si penulis dan bukunya ‘jadian.’ Kalo emang berhasil, kan semuanya senang tuh. Tapi kalo emang yang dicomblangin ternyata ngga mau, ya udah, Ngga 'jadi' tuh buku. Dipending ampe siap deh "


Valliant: “Memperingatkan penulis, kalo editor bisa berubah menjadi predator. Wahahahaha”


Alit: "Kalo gue, awalnya kasih contoh editan-seperti-apa untuk tulisan itu. Ini pun setelah ngobrol sama penulisnya. Biasanya cara ini bisa bikin penulisnya ngerti dan cepet ngerjain. Tapi kalo misalnya itu penulis tetep males juga, ya gue hubungin terus. Tetep nggak ngaruh? Hmm... mau nggak mau, dengan sangat terpaksa, bilang ke penulisnya kalo naskahnya mundur dari jadwal terbit yang semestinya"

2 comments:

  1. cinta yang diekspresikan memicu imajinasi. Imajinasi memicu kreativitas. Kreativitas memicu penulis untuk save as file baru.
    Jadi, penulis yang malas diajar dengan cinta. Jika masih malas juga, diajar lagi dengan cinta. Bagaimana jika masih malas lagi? Ya dihajar dengan cinta juga. Kenapa? Karena cinta juga menghajar!

    ReplyDelete