Sep 15, 2008

Behind The Scene "Masak Seru Bareng si Tukang Masak"

GagasMedia baru saja menerbitkan buku masak. Judulnya Masak Seru Bareng Si Tukang Masak yang ditulis oleh Bara Pattiradjawane. Buku ini berisi macem-macem resep untuk orang-orang yang nggak punya waktu banyak buat masak dan koleksi alat masak di dapur sangat minim. Apalagi sekarang lagi bulan puasa, jadi resep-resep praktis itu cocok banget untuk disiapkan saat berbuka dan saur. Biar lebih gampang, buku ini dilengkapi VCD panduan masak dari Bara.

Karena ini pertama kalinya GagasMedia bikin buku memasak, banyak banget cerita seru di balik pembuatannya. Apalagi GagasMedia kerja bareng Bara Pattiradjawane. Gayanya yang berkesan muda dan kasual pas memandu acara masak di salah satu stasiun teve langsung bikin Gagas jatuh hati J. Ternyata kesan kita bekerja sama dengan si Tukang Masak ini memang seru. Namanya juga pertama kali, jadinya banyak banget pengalaman baru yang kita alami selama pembuatan buku ini. Ini ni cerita dari kru Gagas yang terlibat di pembuatan buku itu.


Nisa (food stylist dan desainer)

Pengalaman proses pembuatan buku ini bener-bener tak terlupakan! Aku yang tadinya udah suka masak, jadi makin cinta masak. Mengarahkan Mas Bara juga nggak susah, soalnya Mas Bara udah ngerti banget cara berpose di depan kamera. Dan jujur aja, selama proses pemilihan foto, tim juga agak bingung milihnya karena begitu banyak foto yang bagus—berkat fotografer andal kita, si Eddie Targo.

O ya, kejadian yang lucu-lucu juga terjadi, misalnya, setiap masakan Mas Bara yang sudah jadi pada akhirnya selalu dikerubutin kru GagasMedia karena ga sabar pengen nyobain resepnya yang –asli deh – enak banget !

Alit (editor)

Yang paling aku nggak bisa lupa dari pembuatan buku ini justru pas ketemuan pertama kali sama Mas Bara untuk rencana penggarapan buku. Waktu itu kita ketemuan di sebuah restoran di Citos bertepatan sama waktu makan siang. Aku inget banget, makanan yang aku pesen itu laksa singapur. Laksa itu disajikan di mangkok yang cukup untuk memasukkan muka aku, belum lagi sumpitnya yang ekstra panjang (lebih panjang dari sumpit di mamang mi ayam), dan sendok yang segede gayung. Udang yang aku makan juga sepertinya melawan. Mas Bara sampe bilang, ”Duh, repot sekali ya makannya.” Tapi syukur, deh, dari pertemuan itu jadi juga buku yang sekarang sudah terbit ini J.

Eddie (fotografer)

Pakpuket , riweuh, sumringah jeung bagja (bahasa sunda, terjemahan bebasnya: repot tapi seneng). Pokoknya purduk ( campur aduk ) karena ini kali pertama gue kerja bareng artis beneran hehehe. Gugup banget pada saat hari pertama gue motret Mas Bara. Doi udah biasa ngoceh n pose depan kamera, jadi gue takut ga bisa ngikutin ritme kerjanya Mas Bara. Thanks, Mas Bara, udah mau aku kerjain hehehe. Banyak banget pengalaman seru selama kerja bareng Mas Bara.

Selain itu, beruntung kta punya team work yang mau repot di tiap sesi pemotretan, Nisa endut (stylist+ desainer Gagas ) kreatif abisss semua-muanya pokonya diabisin ma dia semua (makanannya juga hehehe). Alit maaci yaa dah mau bantu-bantu ngangkat lampu, sampe bateremu low hehehe becanda, Buuu! Kamu adalah perempuan tangguh di segala medan kekekekek. Resita, miss u, kok kamu cuman ikut satu sesi doang sihh…

Pokoknya, Mas Bara, saya senang bisa motretin Mas Bara. Mas Bara, udang asam manisnya enak gokil. Ditunggu makan-makannya. Sukses selalu buat Mas Bara.


Didit (camera person)

Saat syuting untuk pembuatan VCD book , kita bawa lampu yang salah. Lampu itu panas banget. Saking panasnya, tangan gue sampai melepuh. Buat gue, pembuatan VCD book kali ini lebih asyik dan berbeda karena biasanya gue bikin yang temanya serius.

Tapi ada yang gue takutin selama syuting di rumah Mas Bara, yaitu anjingnya. Hehe… jadilah anjing itu dkunci di kamar selama kita syuting.

Gue suka sama makanan yang ada di buku ini. Rasanya familier sama lidah gue. Cocok, deh, untuk anak kos.

Chandra (camera person dan video editor)

Mas Bara adalah seorang talent yang bagus dan profesional, ngedit video-nya jadi gampang. Kendala selama syuting di sana adalah ruangan dapur yang terlalu sempit untuk syuting, jadi nge-set lampunya yang agak ribet. Yang asik dari syuting ini, jelas, dong, banyak makanan enak-enak eheh...

0 comments:

Post a Comment