Nov 11, 2008

Diskusi Buku A Life Less ordinary


Baby Halder, seorang perempuan India yang lahir di keluarga miskin. Buta huruf, terpaksa menikah sejak kecil, dan selalu mengalami kekerasan rumah tangga dari suami yang jauh lebih tua darinya.

Kerasnya aturan budaya India, membuat perempuan yang tertindas tak mampu berbuat banyak. Begitu pula yang terjadi pada Baby Halder. Ayah dan saudara laki-laki yang seharusnya melindunginya dari kekerasan sang suami, tak mampu dan tak mau berbuat apa-apa.

Pelan-pelan, Baby bangkit dari penderitaannya. Dia nekat pergi meninggalkan suaminya sambil membawa ketiga anaknya. Sambil bekerja sebagai pembantu, Baby belajar membaca dan menulis. Surat-surat dan kisah yang ditulis Baby saat berlatih menulis, dikumpulkan dan diterbitkan oleh majikannya, jadilah buku Life Less Ordinary

Buku ini sudah diterbitkan dalam beberapa bahasa dan isinya mampu membuat banyak orang terkesima. Bahwa penderitaan, kemiskinan, dan kekerasan bukanlah penghalang bagi siapa pun, bahkan seorang perempuan miskin yang buta huruf, untuk dapat mengubah hidupnya.


Hari : Selasa, 18 November 2008
Pukul : 13.00 — selesai
Tempat : Gedung 4101, FIB UI
Pembicara : FX. Rudy Gunawan (Penerjemah)
Ibnu Wahyudi (Pengamat Sastra)
Gita Romadhona (Moderator)

0 comments:

Post a Comment