Apr 15, 2009

Kiss Bye to Biologi Susah!

Ingin tahu CaRa BeLi Kutu Busuk?


Buka aja halaman 47 dari buku Rangkuman Biologi SMP terbitan GagasMedia. Calm down, Guys! Bubu dan Kuku nggak ngajarin kalian cara beli kutu busuk yang efektif kok! Nope. CaRa BeLi Kutu Busuk adalah jembatan keledai yang diciptakan Bubu dan Kuku untuk mengingat nama-nama hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Agar nggak lupa, mereka menyingkatnya menjadi CaRa BeLi Kutu Busuk, yang sebenar kepanjangan dari Capung, Rayap, Belalang, Lipas, dan Kutu Busuk. Hewan-hewan itu mengalami proses metamorfis tidak sempurna yang urutannya disebut Bubu dan Kuku sebagai TNI. Loh, kok TNI? Emangnya hewan-hewan itu ikut wajib militer?



Lagi-lagi ini cuman jembatan keledai yang bisa kamu temukan di dalam buku bersampul ceria ini. TNI itu adalah proses yang urutannya diawali dengan Telur-Nimfa-Imago (dewasa). See? As simple as that! Selain CaRa Beli Kutu Busuk dan TNI, kita masih akan menemukan banyak jembatan keledai ala Bubu dan Kuku yang membantu kita mengingat pelajaran. Kembar fraternal ini mengajak kita untuk lebih mudah memahami biologi, tentunya dengan cara yang sangat menyenangkan. Bubu dan Kuku juga memberitahu kita materi-materi yang wajib diingat. Rasanya seperti memiliki teman belajar sungguhan, loh. Bedanya, kepada Bubu dan Kuku kita nggak perlu gengsi untuk bertanya. Keduanya akan senantiasa membantu kita memahami dan menghapal biologi tanpa bikin jidat keriting, hehehe…

Coba bayangkan, seluruh subjek pelajaran biologi mulai dari kelas VII sampai kelas IX hanya dirangkum dalam satu buah buku yang nggak tebal. Sekitar 136 halaman saja. Buku yang ditulis oleh Amelia Piliang dan Dida ini dibagi dalam tiga segmen. Segmen pertama berisi rangkuman biologi untuk kelas VII, segmen kedua membahas materi biologi untuk kelas VIII, dan segmen terakhir adalah pelajaran biologi kelas IX. Di setiap segmen ada cara asyik menghapal, seperti cara menghapal nama enzim di pankreas. Biasanya nih, enzim pankreas akan dihapal sesuai namanya: tripsin, enterokinase, steapsin dan amilase. Wow, berapa waktu yang dibutuhkan untuk me-recall ingatan kita tentang nama enzim-enzim itu ketika ujian. Nah, dengan trik menghapal ala Bubu dan Kuku, dijamin kita akan lebih mudah me-recall nama-nama enzim tersebut. Bubu dan Kuku menyingkat nama enzim ini menjadi TESA (Tripsin-Enterokinase-Steapsin-Amilase). Mudah diingat, kan?

Buku ini juga dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami. Tak ada kalimat-kalimat panjang yang menjenuhkan dalam penjabarannya. Dan bukan tak mungkin teman-teman menemukan istilah yang tidak ada di dalam buku biologi lainnya, seperti istilah Alam Idol. Lucu ya, istilahnya? Alam Idol ini adalah istilah yang diberikan bagi organisme yang mampu beradaptasi dan lolos dari seleksi alam. Coba kalian jabarkan lagi, deh… pasti panjang dan susah mengingatnya kan? Untuk itulah istilah Alam Idol dibuat—supaya mudah diingat.

Rangkuman Biologi SMP terbitan GagasMedia ini sudah disesuaikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Jadi, teman-teman nggak perlu meragukan materi-materi yang dibahas di dalam buku ini. Dengan cover warna-warni yang menarik, tip dan trik menghapal yang sistematis, serta bahasa tulisan yang populer, maka kita nggak perlu lagi stres menghadapi biologi. Let’s say hello to Biologi Asyik!

4 comments:

  1. buat sma juga dong,
    puyeng nich.. hehe

    ReplyDelete
  2. sooner, rizki! sabar ya. saat ini redaksi sedang berusaha keras menggodok agar materi-materi pelajaran itu bisa jadi menyenangkan buat kita semua. ;)

    ReplyDelete
  3. iya kak udah ada belum yang buat sma nya kak ? gak sabar penegn beli kalo emang udah ada.

    ReplyDelete
  4. kak kemarin aku udh liat rangkuman yg SMA di gramed, pengarangnya siapa ya kak?

    ReplyDelete