Jan 30, 2008

1st Chapter: Dongeng Rujak

Pada suatu pagi, bawang putih yang merupakan anak tiri dari ibunya yang sekarang, Bawang Bombay yang perutnya gendut dan sangat montok, sedang mencuci baju kakak tirinya, Bawang Merah. Walaupun Bawang Putih berstatus anak, tapi dia lebih cocok disebut pembantu. bajunya kumal dan lusuh, dia tidur kamar yang lebih layak disebut sebagai gudang. dia tidur di atas sebuah tikar dengan hanya dilapisi kasur tipis dan sebuah selimut yang lebih tipis dari alas tidurnya. Di dalam kamarnya, dia berbagi ruangan dengan tikus-tikus kecil dan puluhan ekor nyamuk.

"Aduh, capek deh. banyak banget sih baju si Bawang Merah, mana kotor semua lagi, dasar! masa cewek hobinya beli baju? Yang bener aja? Kan kerjaannya jadi banyak!" gerutu Bawang Putih.

Memang semenjak ditinggal mati ayahnya, kehidupan Bawang Putih sangat jauh dari menyenangkan.

"Apa?! Kamu enggak rela nyuci baju aku! dasar pemalas!!" rupanya Bawang Merah daritadi ada dibelakang Bawang putih dan ngedengerin semua gerutuan Bawang Putih.

"Maaf, kak! Bukannya enggak rela, tapi kan Bawang Putih juga masih banyak tugas. habis nyuci, Bawang Putih harus ngerjain tugas kalkulus kakak, terus benerin genteng, benerin listirk, bayar telepon, ke rumah Bang Cabe Ijo ngambil pesenan ibu."

"Oh, sebut semua! Sebut! Kamu pikir beli baju enggak pake perjuangan?! Aku tuh harus nyari baju yang terus up to date, biar enggak ketinggalan mode. Harus nyari baju yang belum pasaran tapi bagus dan murah. memangnya nyari baju itu enggak cape? Belum lagi sekarang kamu udah sering ogah-ogahan buat kerja jadi tukang bangunan lagi. memangnya aku bakal dapet duit darimana kalo kamu enggak kerja?!" teriak Bawang Merah.

"Ada apa ini? Ada apa ini?!" teriak bawang Bombay dari jauh.

"Ini Bu, si Bawang Putih ngedumel aja, disuruh kerja enggak mau!"

"Apa? Heh, kamu mau jadi anak durhaka? Mau dibikin jadi kayak tetangga sebelah hah? kayak si Malin Kundang itu? Mau kamu dikutuk jadi batu? Atau kamu pengen jadi kayak si Roro Jongrang, dikutuk jadi candi? Mau kamu?!" bentak Bawang Bombay.

"Ampun, Ibu, ampuni saya. saya enggak mau jadi ibu, eh, jadi batu! tapi Bu, pekerjaan saya banyak, apa enggak bisa kerjaan saya di kurangi? Kan Kak Bawang Merah banyak waktu luang juga?"


"Eh, jadi kamu nganggap aku pembantu kamu?" teriak Bawang Merah.

"Bukan gitu Kak, maksud aku, kalo kakak bisa ngerjain sedikit aja kerjaan kakak mungkin kerjaan itu bisa beres semua lebih cepet daripada semuanya ditugasin ke aku!" tangis Bawang Putih.

"Heh, udah jangan banyak alesan! Sudah kamu kerjain semuanya! Bawang Merah yuk kita ke mall, ada diskon buat celana kolor, lumayan buat nambah koleksi mama. Yuk pergi! dan kamu cepet kerja jangan males!!" teriak ibunya sambil pergi bareng Bawang Merah. Bawang Putih cuman bisa nangis, entah gara-gara sedih atau pedih matanya kena air sabun.

"Papa, kenapa Papa pergi ninggalin Bawang Putih? Bawang sendirian sekarang!" tangis Bawang putih, tapi tiba-tiba terdengar suara misterius!

"Punten! Ada orang?" rupanya Mister Ius, sang Bapak RT memanggil dari luar.

"Iya! Sebentar!"jawab Bawang Putih. Dengan baju yang sedikit basah, Bawang Putih dengan cekatan mambuka pintu yang besarnya minta ampun dan minta tolong.

"Eh, neng Bawang Putih, kebeneran. ini ada tamu yang nyari!" kata Mister Ius.

"Siapa ya, Pak?" tanya balik Bawang Putih.

"Enggak tahu. Tuh itu orang yang pake gaun warna biru, pake piring bolong di atas kepalanya, sama bawa-bawa tongkat!"

Bawang Putih melihat ke sosok yang ditunjuk oleh Mister Ius. Orang itu tamapk sangat kelelahan dan kacau balau, dilihat dari bajunya yang berantakan dan rambutnya yang sudah tidak beraturan.

Orang itu pun melangkah mendekati Mister Ius dan bawang Putih yang rupanya sangat keheranan dengan orang yang dibawa oleh Mister Ius.

“Selamat pagi! Saya adalah Peri Biru! Ini kartu nama saya. Saya datang dari negeri peri untuk membantu anda!"

Bawang Putih mengambil kartu nama yang disodorkan oleh orang yang bernama peri biru itu. Bawang Putih masih kebingungan dengan orang yang baru saja tiba di rumahnya. Peri Biru? Who the hell is she? Dia bukan sodara saya atau kenalan saya. apa dia temen saya waktu kuliah? SMA? atau Playgroup? Setahu saya enggak pernah ada temen yang kayak gitu.

"Duh, jangan bingung-bingung dong Bawang putih. Saya ini peri, enggak mungkin sekolah di dunia manusia. Saya sekolah di akademi Peri. Satu tingkat di atas langit kamu!" Oh, no! Now she can read my mind! And by the way, satu langit di atas duniaku? Hell yeah! Ucap Bawang Putih lagi dari dalam hatinya.

"Serius saya tidak becanda, kamu pikir peri itu tidak pernah ada? Kami ada dan kami ini nyata! Percayalah!"

"Baiklah, sepertinya enggak ada guna juga saya ngomong sendiri ke hati saya. Terus kenapa kamu datang kemari?"

penasaran sama kelanjutannya? klik "Bab Pertama Kamu" pada menu di samping.

3 comments:

  1. sepintas, kayak lenong rumpi dinovelin deh.

    xoxo,
    gossip boy

    ReplyDelete
  2. yah..somekind of that lah....

    ReplyDelete
  3. haha ..
    cerita apaaa toh nuii .
    gag bangett dehh bawang meraa ma bawang putii jdi GAUL bginii ..
    ahaha ..

    ReplyDelete