Apr 30, 2008

Punten Punten

Punten, punten!” terdengar suara dari luar rumah Jack….

Jack yang sedang tertidur pulas, terbangun dengan sendirinya karena suara itu. Sudah beberapa hari terakhir ini, suara “punten, punten” selalu terdengar dan sialnya suara itu selalu berkicau di siang hari. Waktu dimana (seharusnya) Jack tidur sepuas-puasnya.

“Ma, itu suara siapa sih? Punten, punten melulu dari kemarin. Mau minta sumbangan atau mau minta foto bareng sama aku? Aku kan jadi gak bisa bobo padahal aku tadi lagi mimpi bagus. Lagi mimpi makan ayam goreng.” tanya Jack sambil mengusap-usap matanya yang mirip zombie berjalan

“Kamu masih ngelindur ya, le? Makan ayam aja kok dibawa sampai mimpi? Itu si Obi, anak dari kampung sebelah. Biasa mau minta uang ke Pak Made tetangga kita. Wah, kebetulan banget kamu sudah bangun, bantuin mama jagain warung. Inget kalau ada yang mau ngutang, jangan dibolehin!” perintah mama sambil nempel tulisan Hari Ini Bayar Besok Boleh Ngutang, di tembok

Ada-ada aja si mama. Kalau kayak gitu mah, kapan bisa ngutangnya?

Sialan! Gara-gara bocah edan itu, gua jadi kebangun dari mimpi indah terus harus jaga warung segala lagi. Males! Ngomong-ngomong soal Obi, gua jadi inget waktu nih bocah pernah nyuri es potong di warung nyokap gua. Hampir aja gua sunat tuh bocah pake gunting tapi keburu dicegah ama tetangga yang lain.
***
Besoknya, setelah pulang sekolah hal yang paling men-surga-kan adalah lompat ke kasur terus langsung bobo. Sebelum bobo, jangan lupa pandangi poster Tara Reid biar kebawa mimpi. Gak lupa, makan dulu yang enak sampai kenyang biar makin yahud. Selesai makan, langsung lompat ke kasur! Benar-benar skenario film yang menakjubkan. Gua kasih judul “Hidup Enak a la Jack!”

Belum 10 menit skenario film itu diputar, tiba-tiba suara “setan” itu kembali terdengar. “Punten, punten” teriak Obi dari luar rumah!

Damn!” Sialan banget nih bocah. Belum juga mimpi, udah dibangunin!” maki Jack dalam hatinya.
***
“Ma, kenapa sih si Obi tiap hari minta duit ke Pak Made? Pake teriak-teriak segala lagi!” tanya Jack sambil makan odading yang ditaruh di meja

“Itu le, waktu mama nanya ke Pak Made kata Pak Made dia tuh pernah ngasih Obi uang buat jajan gara-gara kasihan ngeliat si Obi. Eh, ngga taunya tiap hari si Obi malah datang ke Pak Made buat minta duit” jawab Mama

“Pak Made kayaknya sudah kesel ama Obi, gara-gara Obi tiap hari dateng minta duit terus. Kalau ngga dikasih suka gedor-gedor pager segala. Makanya kalau Obi datang, Pak Made suka pura-pura gak ada di rumah,” lanjut mama

Nah, ini nih contoh bocah edan! Ibaratnya dikasih nasi uduk, malah minta fried chicken! Apa perlu gua bikin poster “Hari ini diem, besok baru teriak”. Bikin susah aja nih bocah. Aha! Gua ada ide! Mumpung si bocah edan itu masih di depan rumah tetangga gua kenapa gak gua kasih “hadiah” aja?

“Ma, aku mau ke genteng dulu, mau betulin antene!” seru Jack.

“Hati-hati Le, gentengnya licin!” balas mama.

“Iya” jawab Jack sambil meneteng keranjang isi salak.

Sesampainya di genteng, Jack segera cari posisi yang paling yahud untuk memulai “peperangan” a la Jack. Biji-biji salak yang sudah habis dimakan langsung dibidik ke kepala gundul si Obi.

Lemparan pertama, kena kucing....

Lemparan kedua, kena anjing....

Lemparan ketiga, kena Bu RT (waduh bisa berabe nih! Bisa-bisa dipersulit waktu perpanjang KTP).

Sial! Kok gak ada yang kena-kena sih? Padahal kepala gundul si Obi sudah seolah-olah berkata “ayo, ayo lempar-lempar saya.” Gua coba sekali lagi deh.

“Dug!” Yes kena!

Si Obi mulai mencari-cari siapa orang tengik yang sudah dengan biadab ngelempar kepala gundulnya pake biji salak. Mungkin dalam hatinya berkata kenapa ngelempar bijinya aja? Gua kan pengen salaknya juga?

Mukanya clingak-clinguk, mencari-cari si pelaku sedangkan Jack ketawa cekikikan di belakang antene.

“Ha...Ha... mampus lu bocah... Untung baru gua lempar pake biji salak belum gua lempar pake genteng bocor...Ha...Ha...” pekik Jack dalam hatinya sambil terus menahan tawa kemenangannya itu….

Sialnya si Obi mulai sadar kalau Jack yang ngelempar. Matanya menatap tajam ke atas rumah Jack sambil seolah-olah berkata “Cepet lu turun, gua tusuk lu”

Oh My GOD! Apa yang harus gua lakuin? Disaat menantang maut gini, sesuai buku yang pernah gua baca jangan panik tetap (sok) cool. Kebetulan banget di langit lagi banyak layang-layang.

Aha! Gua ada ide briliant....

Dengan gayanya yang cool, Jack mulai menggerak-gerakkan tangannya seperti sedang menarik benang. Matanya menatap ke langit seolah sedang memperhatikan layang-layang yang diterbangkannya sedang membelah langit. Agar aktingnya lebih natural, Jack sesekali misuh-misuh bahkan berteriak “Sial layangan gua putus! Padahal baru beli” Akting yang lumayan buat Jack padahal jangankan layang-layang, benang aja gak punya. Adanya juga tali kolor yang udah ngga kepake.

Tampaknya Obi tertipu dengan akting murahan dari Jack, matanya yang tadi seolah-olah berkata “Cepet lu turun, gua tusuk lu!” tergantikan dengan “Cepet lu turun, kejar layangan lu yang putus!” Dilihat dari kejauhan Obi tampaknya sudah meninggalkan rumah Pak Made dengan muka masam karena gagal dapat uang dari Pak Made.

Setelah turun dari genteng, Jack langsung menghampiri mamanya dan bertanya; “Ma, kemana sih orang tua Obi? Kayaknya kok ngga diurus gitu sih? Tiap hari pake baju Teletubbies aja terus gak pernah pakai sandal lagi? Gimana tuh kalau Si Obi nginjek tai kuda terus kena Rabies? Bisa berabe kan?” tanya Jack panjang lebar sambil minum teh manis hangat buatan mamanya.

“Loh, kamu gak tau ya? Orang tua si Obi itu sudah lama bercerai. Ibunya sekarang lagi di penjara, gara-gara judi terus si Obi sekarang diasuh ama Neneknya yang biasa jualan cireng di lapangan belakang” jawab Mama.

Waduh, kasian juga neh bocah. Pantes aja mukanya udah kayak cireng gitu dan hidupnya jadi luntang-lantung gini. Jadi ngerasa bersalah nih gua tadi ngelempar pake biji salak. Harusnya gua tadi gua ngelemparnya pake biji duren aja ya (Loh?).

Pantes aja tiap hari doi rela teriak-teriak “punten, punten” cuma demi selembar seribuan kucel. Ck...ck.... Obi, Obi kasian banget seh hidup lu, Jack mencoba berdiplomatis untuk pertama kali sepanjang hidupnya.
***
Besoknya sepulang sekolah, suara-suara punten, punten kembali terdengar. Tetapi kali ini Jack tidak sewot seperti biasanya. Apakah mungkin karena Jack terlalu berkonsentrasi terhadap kecoak yang masuk ke kamarnya? Entahlah....

5 menit suara itu masih terdengar sangat nyaring....

10 menit suara itu masih terdengar ‘agak’ nyaring....

15 menit suara itu mulai terdengar parau....

20 menit suara itu perlahan-lahan menghilang....

Karena penasaran, Jack mencoba mengintip dari balik jendela kamarnya, setelah menjelajah kemana-kemana akhirnya matanya menemukan kepala gundul kepunyaan Obi. Obi hanya duduk sambil membelakangi gerbang rumah Pak Made, matanya hanya menatap jari-jari kakinya yang kotor dan berlumuran lumpur itu.

Tinggal dipinjemin mangkuk, udah pas banget setelannya jadi gembel. Ada rasa iba yang menghinggap di hati Jack. Sebejat-bejatnya Jack, dia masih punya hati nurani untuk mengasihani dan dikasihani orang. Sambil ngambil beberapa lembar uang ribuan di saku kucelnya, Jack berlari keluar rumahnya.

“Obi, kesini bentar” panggil Jack sambil clingak-clinguk sekalian cari tukang batagor langganannya

Naon?!” teriak Obi sambil pasang muka “jeger.”

Anjrit nih bocah, mau dikasih duit malah nyentak lagi. Apa gua lempar pake biji salak lagi, pikir Jack dalam hatinya.

Tenang, tenang tahan emosi, ingat-ingat pesan mama dan papa harus tetep kalem kalau mau menjinakkan gorilla ngamuk.

“Ngga! Ngga apa-apa. Kesini bentar dong,” rayu Jack sambil pasang muka ‘Robot Gedeg yang sedang mencoba merayu anak-anak kecil.’

Sambil pasang muka malas, Obi akhirnya mau menghampiri Jack, mukanya terlihat kotor. Di atas kepalanya banyak lalat yang berterbangan. Apakah dia jelmaan siluman lalat? Matanya terlihat parau, sambil pasang muka (sok) nyeremin dia nanya,

Aya naon?”

“Kalem dong. Slow Down Baby” sahut Jack mencoba menenangkan Obi yang tampaknya mau kumat.

Slodot Babi? Maneh ngejek urang babi?” balas Obi

Dasar bocah edan, “baby” jadi “babi” muka lu emang gak mirip babi tapi lebih mirip tengkorak babi, seru Jack dalam hatinya. Tenang Jack namanya juga anak yang ngga pernah sekolah. Inget tetap tenang, tenang....

“Mulai sekarang, jangan teriak-teriak lagi di depan rumah Pak Made, dia sudah pindah rumah.” Jack berbohong untuk ‘menyelamatkan’ tetangganya itu.

Kumaha aing we!” bentak Obi sambil melotot

Anjrit nih bocah, pengen gua kulitin juga kayaknya biar bener-bener jadi tengkorak babi. Inget tetap tenang, tenang....

“Ya, Obi percuma dong teriak-teriak minta uang tapi Pak Madenya ngga ada? Gimana nanti kalau yang keluar wewe gombel terus nyulik Obi,” Jack mencoba nakuti-nakutin si Obi.

Si Obi tampaknya udah mulai takut, mungkin yang ada di otaknya, dia ngebayangin ada kuali terus si wewe gombel lagi ngudek-ngudek kualinya, terus Si Obi lagi diiket di pohon.

“Nah, mulai besok kamu jangan teriak-teriak lagi ya. Neh, buat kamu.” Kata Jack sambil mengeluarkan ribuan buat Obi.

Seolah mendapat durian runtuh, tanpa banyak speak Obi langsung ngambil duit ribuan yang ada di genggaman Jack. Tanpa mengucapkan terima kasih, Obi langsung berlari menuju jalan raya. Entah, mau diapakan uang itu.

Ya, setidaknya gua sudah berbuat baik hari ini, pikir Jack sambil melihat Obi dari kejauhan

Seminggu sudah, ‘skenario’ film “Hidup Enak a la Jack” berjalan mulus. Ini nih yang namanya kenikmatan itu tanpa gangguan si bocah edan lagi. Tidur siangnya tidak lagi terganggu, mimpi-mimpi indahnya tidak terpotong lagi. Benar-benar hidup!

Beberapa hari kemudian, ketika hendak memejamkam mata, Jack mendengar gerbang rumahnya digedor-digedor. Awalnya Jack tidak menghiraukan suara itu karena hanya menganggap suara itu sebagai suara tukang ledeng lagi meriksa meteran air. Semakin didiamkan, gerbang rumah Jack terus digedor-gedor. Selain digedor-digedor terdengar juga suara yang sudah (sangat) familiar di telinga Jack.

“Punten, punten!”

Cerpen by Stefanus Sani

0 comments:

Post a Comment