Jul 16, 2008

Tips n Trick Menulis Puisi dan Cerpen

Halo temen-temen, apa kabar?
Udah lama juga ya ngga ngobrol sama kalian di blog. Maaf ya, beberapa minggu lalu gagas harus fokus ke acara Pesta Buku Jakarta. Itu lho, acara pemeran buku tahunan yang diselenggarakan IKAPI.

Anyway, gagas tadi buka-buka milis, terus gagas nemuin postingan yang menarik nih dari salah satu temen milis. Postingannya tentang tips n trik menulis cerpen dan puisi. Gagas tulis ya buat kalian semua....


Tips "N" Tricks jago bikin puisi.
Pastiin Sobat Gagas dah tau mau bikin puisi kayak gimana.

Pastiin Sobat Gagas dah nemuin feeling yang pas untuk puisi yg akan Sobat Gagas buat.
Sobat Gagas enggak usah ragu untuk tulis SKETSA puisi di kertas buram. Maksudnya, biar mempermudah Sobat Gagas untuk mengkoreksi diksi atau hal2 lain yg bisa membuat puisi tersebut menjadi KLOP.
Tulis kembali hasil revisi puisi dari kertas buram ke media yang ingin kalian sampaikan via puisi tersebut. Misalnya, kirim via email ke teman2 Sobat gagas, atau di ajukan ke Penerbit2 yang kompeten & memiliki KOLOM tersendiri untuk puisi.
Sobat Gagas enggak usah ragu untuk minta saran/kritik dari Teman, Sahabat, atau bahkan keluarga Sobat Gagas semua.


Tips "N" Tricks jago bikin puisi
Nah, sekarang kita beralih ke Cerpen!
Hal2 yang terkait pada TIPS "N" TRICKS puisi di atas, ternyata juga berlaku pada pembuatan Cerpen loh. Terutama point ke 3 dan ke 4. Itu penting banget. Karna dari kedua point tersebut, akan mempermudah Sobat Gagas dalam mengarang cerpen.
Gak usah takut kehabisan ide. Ide bisa di dapet dari banyak hal. Misalnya, lagi sarapan pagi bareng keluarga, jalan2 ke mall, ato malah lagi "nabung" di wc. Yang terpenting, Sobat Gagas udah punya SKETSA CERPEN sebelumnya.
Nah, untuk SKETSA CERPEN itu sendiri enggak usah terlalu panjang, tapi cukup mewakili hal2 yang nantinya bakal ada di cerpen Sobat Gagas. Misalnya, tokoh-tokohnya, alurnya, konfliknya, sampe dialog antar tokoh.
Selanjutnya, Sobat Gagas tinggal memperbaiki SKETSA CERPEN tersebut menjadi CERPEN yang sesungguhnya.
CERPEN yang pantas untuk dinikmati, dihargai, & diberi apresiasi
Tips n Trik by Dewi

0 comments:

Post a Comment