Aug 25, 2008

Boedjang Lapoek Mentjari Tjinta

Gwe menatap gadis itu dengan pandangan sendu. Dengan setulus hati, sejiwa raga, dan semangat demokrasi, gwe pun memberikan senyuman yang terbaik untuknya. Kemudian gwe berkata, “Jadi Cynthia, sebenarnya Aku tuh, sayaaa...ng banget ama kamu. Aku pengen, kita bisa bersama. Aku dan kamu menjadi sepasang kekasih,” ucap gwe dengan penuh kewibawaan.

Akhirnya, sesuatu yang gwe tahan-tahan di dalam dada ini bisa terungkap juga. Lega rasanya, meski gwe belum tahu akibat dari pernyataan gwe tersebut.

Gadis itu menghentikan ayunannya. Dia turun, lalu berdiri menatap gwe dengan nanar. Gak lama kemudian wajahnya berpaling dari menghadap gwe. Yup, gadis itu melengos dan balik badan, grak. Rambutnya yang pendek seleher melambai seolah mengucapkan “good bye!” kepada gwe.

Dia berjalan cepat meninggalkan taman bermain ini. Segera saja, angin sepoi meniupkan sembilu di hatiku. Pengen rasanya gwe ngejar Cynhia. Namun, sebelom Gwe bergerak, seseorang tiba-tiba nepuk bahu kiri Gwe.

“Gila lo Rel. Lu nyadar gak sih, lu tuh dah ngancurin hati seorang gadis belia,” kata seorang cowok di hadapan gwe.

“Apaan sih John? Rese lo. Gwe kan cuman ngungkapin isi hati gwe doang.”

Gwe memandang John-no, temen sekampung, temen sejak kecil gwe pas kita sama-sama masih suka main ingus dulu dengan pandangan sinis. Harusnya kan dia simpati dan ngedukung gwe. Eh, malah ngolok-olok.

“Iya, tapi lu lihat-lihat dong. Masak sebegitu desperate-nya nyari perawan sampai-sampai anak TK aja lo tembak?”

“Huh! Gwe gak mandang dia sebagai Cynthia sebagai anak TK kok. Gwe ngeliat dia sebagai seorang wanita yang akan jadi istri gwe di masa depan.”

“Sarap lo!” kata John-no.

“Udah ah, daripada lo ganggu gwe. Mending minggat pulang aja sana. Gwe mo ngejar Cynthia.”

“Rel! Fahrel!” Teriakan John-no lambat laun gak kedengaran, begitu gwe makin jauh darinya.

“Rel...rel...rel...!” Suara John-no masih bergema di kejauhan, kek piringan itemnya DJ yang rusak.

By the way naik Busway pake AC rasanya Pewe, ada baiknya kalo kita kenalan dulu: Nama Gwe Fahrel, 27 tahun. Gwe bekerja sebagai pengusaha Warung Internet ato WarNet. Hobi gwe adalah nonton sinetron, infotainment, dan iklan (terutama produk kecantikan dengan model/artis yang cantik). Gwe paling ngefans sama seorang artis imut dan cerdas bernama Cinta Laura. Sedangkan obsesi hidup gwe adalah mendapatkan cinta sejati seorang gadis perawan? Kenapa mesti gadis perawan? Menurut gwe keperawanan adalah harga mati keseriusan seorang cewek dalam menjaga kehormatannya. Keperawanan mutlak dipertahankan sebelum seorang cewek menikah dan menyerahkannya pada suaminya.

Obsesi ingin menikahi gadis perawan inilah yang membuat gwe berani nyatain cinta pada Cynthia. Soalnya... gwe pernah patah hati sama cewek. Saat itu menjelang akhir kuliah, pas masih bikin skripsi gwe suka sama anak tetangga kosan gwe. Sebut saja namanya Harum Bunga Mawar Melati Semuanya Indah. Untuk lebih gampangnya lagi, kita singkat saja namanya jadi H. Bunga M.Msi.

H. Bunga M.Msi sekolah di SMA Amboi, kelas 1-Z. Sejak pertama kali liat dia, gwe udah langsung jatuh cinta. Entah kenapa? Mungkin gara-gara dia punya tahi lalat di bawah bibir yang seksi.

Tapi sayangnya doi gak tahu gwe suka ama dia. Atau mungkin lebih tepatnya dia tahu, tapi gak peduli. Padahal hampir tiap hari, atau setidaknya sebulan sekali lah gwe maen ke rumahnya.

Gwe sebenarnya pengen banget nyatain perasaan ke H. Bunga M.Msi. Tapi gwe nahan diri, karena sempet beberapa kali gwe liat doski jalan bareng ama cowok. Kadang minggu ini sama monyet, minggu depannya sama kambing. Trus tiga minggu kemudian sama buaya. Eh beberapa bulan kemudian, dia udah ganti sama kadal. Akhirnya gwe gak jadi-jadi ngomonging perasaan gwe ke dia.

Suatu malem, setaon setelah gwe lulus kuliah and gak ngekos lagi, gwe mantapin diri untuk dateng ke rumah H. Bunga M.Msi buat nyatain perasaan hati ini. Yes ketes-ketes, bener bangets, meski udah setaon gak ketemu doi, rasanya hati gwe ini tak bisa berpaling darinya. Jadi, gak afdol rasanya kalo gwe terus-terusan memendam cinta. Pokoknya malam itu, saat itu juga, gwe pengen ngomong. Gwe pengen dia tahu apa yang gwe rasain.

Dengan persiapan lengkap kek tentara mo maju perang, dalam arti: make kemeja kedodoran, parfum minyak kayu putih, rambut klimis berkat Jlager (jelantah minyak goreng), dan bunga semboja warna putih terselip di kuping kiri, maka berangkatlah gwe naek BMW (alias motor butut Bebek Merah Warnanya) ke rumah H. Bunga M.Msi.

Sejam kemudian gwe sampai di sana. Saat itu suasana rumah doi tenang. Gorden ruang tamu tertutup, tapi lampu rumah nyala. Jadi, gwe berasumsi ada orang di dalam. Gwe emang gak nelfon dulu, biar dia surprise. Sebelum mengetuk pintu, gwe bermaksud bercermin dulu ngeliat penampilan gwe di kaca rumah H. Bunga M.Msi. Tapi dari sela-sela gorden gwe gak sengaja liat apa yang ada di dalam ruang tamu.

Entah mimpi apa gwe semalem. Mungkin dikejar nenek sihir trus digigit tapir, karena di dalem ruang tamu itu gwe ngeliat cewek yang pernah gwe suka ada di sana, tapi dia nggak sendiri. Di hadapan H. Bunga M.Msi ada seorang cowok, seekor orang utan yang sedang memonyong-monyongkan bibirnya. Dan sialnya, H. Bunga M.Msi juga ngelakuin hal yang sama.

Seketika juga gwe reformasi, gwe frustasi, pikiran gwe langsung ruwet kayak benang dimainin kucing. Hati gwe remuk rendang, sambel uleg (lho?). Tapi satu yang pasti, gwe harus ngegagalin adegan selanjutnya. Pokoknya gwe gak rela ada apa-apa sama H. Bunga M.Msi. Gwe pun berusaha nyari ide atas nama bangsa Indonesia dan dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya.

Kebetulan di depan rumah H. Bunga M.Msi ada tukang bakso yang lagi bikin bakso buat pembelinya (ya iyalah masak bikin Sate Kambing). Gwe sambar aja tuh bakso dengan tak lupa naruh beberapa lembar secengan ke dia biar gak diprotes. Selanjutnya gwe ketuk pintu rumah H. Bunga M.Msi keras-keras sambil tereak: “Bakso! Bakso!”

Gak lama kemudian pintu terbuka dan muncullah H. Bunga M.Msi dengan baju dan rambut kusut. Gwe langsung aja bilang, “Layanan antar bakso siap saji!”

“Maaf bang, saya gak pesen bakso,” kata H. Bunga M.Msi.

Gwe kecewa. Bukan karena H. Bunga M.Msi gak mau beli bakso yang gwe bawain ke dia, tapi.. karena dia udah lupa ama gwe. Dia kira gwe tukang bakso beneran gitu loh!

Tapi gwe seneng karena gak lama kemudian bokap nyokap H. Bunga M.Msi dateng. Rupanya mereka baru dari bepergian. Dan sang bokap, yang mungkin lagi kelaperan, bersedia ngebeli bakso yang gwe bawa. Setelah mengembalikan mangkuk, botol kecap, saus, dan sambel bakso ke tukang bakso yang sebenernya gwe pun pulang.

Setelah melihat adegan xxx itu gwe trauma. Gwe khawatir, jangan-jangan semua anak SMA udah biasa begitu. Jangan-jangan pas SMP mereka udah mulai coba-coba. Jangan-jangan waktu SD mereka suka mimpi basah (masih ngompol maksudnya). Jadi, solusi paling logis untuk mendapat gadis yang masih perawan adalah... pacaran dengan anak TK, kemudian membinanya dengan segenap cinta sampai dewasa untuk dinikahi.

Rico Ceper aja bisa pacaran ama Achi? Ingrid Kamsil juga mau gitu punya suami yang jauh lebih senior? Masak gwe kagak bisa ngegaet cewek TK? Dan pilihan gwe pun jatuh pada Cynthia.

Awalnya, suatu sore, secara gak sengaja gwe liat Cynthia di taman bermain kota. Saat itu dia lagi maen bareng temen-temennya. Pertama kali lihat gwe langsung suka. Saat itu ada tukang jual es cendol di sana. Gwe traktir semua anak-anak itu dan gwe ajak ngobrol Cynthia. Ternyata dia nyambut gwe dengan baik. Anaknya cukup menyenangkan. Beberapa waktu kemudian kita masih sering ketemu. Gwe sering bawain lolipop, cokelat, maupun es krim buat dia. Semakin lama tumbuh perasaan lebih dalam di hati gwe. Gwe ingin dia tahu apa yang gwe rasakan. Karena itulah minggu ini, sore ini, gwe beranikan diri untuk ngungkapin perasaan gwe ke Cynthia. Tapi... gwe gak menduga dia malah ngambek seperti itu.

Gwe lari dan terus berlari mengejar Cynthia tersayang. Sosoknya ngilang di tikungan jalan. Meski udah beberapa kali ketemu Cynthia di taman bermain, gwe belum tau rumahnya. Gwe coba nanya ke seorang bapak kurus yang lagi nyapu jalan berbaju kuning bertuliskan “PASUKAN BERANI BERSIH”, ternyata dia gak tahu. Trus gwe coba tanya tukang es Cendol, dia juga kagak tahu. Baru setelah gwe nanya ke pak RT, gwe tahu tempat tinggal Cynthia.

Gwe sampai di ujung jalan dan mendapati sebuah bangunan putih dengan halaman berumput yang luas. Pagar dari kayu mengelilingi rumah itu. Di depan bangunan ada papan nama bertuliskan “PANTI ASUHAN BUNDA TIARA”. Ternyata inilah tempat tinggal Cynthia.

“Spada! Gut afternun! Slamat sore!” sapa gwe.

“Ya? Ada apa mas, di sini bukan toko sepeda?” Seorang wanita dengan make-up berlebih muncul di balik pagar panti asuhan itu.

“Spada, maksud saya salam jumpa, mbak? Maaf mengganggu, saya sedang cari seseorang.”

“Siapa?”

“Cynthia. Apa dia ada?”

“Oh, mas ini yang namanya Fahrel ya?”

“Kok mbak tau?”

“Iya, Cynthia sering cerita soal mas.”

“Oh gitu. Terus dimana dia? Saya pengen ketemu nih.”

“Wah, keknya gak bisa tuh mas.”

“Tolong deh mbak, please,” kata gwe sambil berusaha tampil dengan mimik muka memelas, meski mungkin si embak ngelihatnya gwe malah kayak orang lagi nahan boker.

Nampaknya siasat gwe berhasil, karena si embak akhirnya mau ngomong. “Nggak bisa mas. Cynthia mo diadopsi sama keluarga Rajasa di Jakarta. Sekarang lagi siap-siap di kamarnya.”

Gwe tertegun. Gwe gak percaya pada apa yang baru aja gwe denger. “Cynthia, mau pergi... ke Jakarta?,” kata gwe terbata. Rasanya gwe kayak disamber geledek trus ketemu sundel bolong. Kagetnya lipet kuadrat. “Padahal, aku kan sayang banget sama dia.”

“Iya mas, saya juga sayang banget sama Cynthia. Cynthia pernah bilang ke saya, kalau sebenarnya dia juga sayang sama mas. Tapi udah terlambat. Dia akan segera pergi.”

Mata gwe jadi berkaca-kaca. Hati gwe terenyuh mendegar keterangan si mbak make-up tebel barusan. Pas gwe suka banget sama seseorang, ternyata dia milih pacaran ama kutu kupret. Giliran ada yang suka sama gwe, dia harus pergi ninggalin gwe. Hiks..hiks...

Baiklah Cynthia, gwe akan tungguin lo, meski sepuluh atau sebelas tahun lagi, janji gwe dalam hati.

“Baiklah mbak, saya bisa nerima keputusan Cynthia. Tapi, ijinkan saya untuk melepas kepergiannya. Kapan dia berangkat?”

“Malam nanti pukul sembilan.”

“Oke, saya pulang dulu. Nanti saya ke sini lagi,” pamit gwe.

“Eh tunggu dulu mas?” kata si mbak.

“Ya?”

“Begini, saya denger dari Cynthia kalo mas masih sendiri. Saya juga masih sendiri lho mas. Ehem, bagaimana kalau kita...? Tahu kan?” kata mbak itu sambil mengedip-ngedipkan matanya.

Gwe ngelihatin mbak itu. “Mbak pernah pacaran?” tanya gwe spontan.

“Iya, beberapa kali. Udah bosen gonta-ganti nih. Saya lihat mas sepertinya pria yang baik. Mungkin kita bisa cocok. Gimana?”

Gwe liatin dia sekali lagi. Gwe teringat cewek yang gwe sukain waktu ampir lulus kuliah. Gwe inget si orang utan. Gwe inget Cynthia. Gwe pun nggak tahu harus berkata apa.

~ SELESAI ~


Cerpen by Yozar F. Amrullah

2 comments: