Jun 28, 2009

Young on Top : A Place Where You Want to be Tomorrow

Sukses di Usia Muda ala Billy Boen
“Kalau kamu sangat enjoy dengan pekerjaanmu, kamu tidak akan pernah lelah,” nasihat Bill gates.

Memang beruntung orang yang bekerja di bidang yang ia sukai. Dia akan sangat menikmatinya. Kuncinya, do what you love, then you could enjoy it. Tapi, di tengah krisis ekonomi begini, mencari pekerjaan yang kita sukai tentunya bukan pekara mudah. Boro-boro bekerja di bidang yang kita sukai, bisa dapat kerjaan saja sudah untung!

Berapa banyak orang yang terjebak di dalam pekerjaan yang tak mereka inginkan? Mungkin, kamu salah satunya. Melakukan pekerjaan karena tuntutan hidup saja. Namun, kalau kita melulu berpikir cuma akan bekerja di bidang yang kita sukai, kapan kita akan meraih sukses di pekerjaan yang kita tekuni? Do what you love is definetely right, but start to love what you do is also important thing to boost your career.

Kalau teman-teman sempat melihat acara Kick Andy beberapa minggu yang lalu, teman-teman akan terinspirasi, loh. Dalam episode tersebut, tim Kick Andy menghadirkan para pemuda yang meraih kesuksesan di usia muda—sebagaian besar dari mereka belum mencapai usia 35 tahun. Salah satunya adalah Billy Boen (BB), penulis Young On Top yang diterbitkan GagasMedia.

Di dalam buku pertamanya, pria berkacamata ini menyebutkan bahwa ‘terjebak’ itu bukanlah akhir dari dunia kita. Jadi, buat kamu yang sering mengeluh “gue nggak suka sama kerjaan gue!” jangan putus asa dulu, ya.

BB membagi cara mencari jalan keluar atas rasa tidak suka pada pekerjaan. Jalan keluar itu bernama ‘Love What You Do’. Memang, belajar menyukai apa yang tidak kita sukai bukan pekara mudah. Namun, kita bisa memulai dengan mensyukuri bahwa kita memiliki pekerjaan!

Saat kita bersyukur, pasti kita akan menghargai apa yang kita kerjakan. Dan, dari situlah rasa suka akan muncul. So, a wrong job, isn’t always lead you to a wrong life. Di balik semua hal buruk, paling tidak ada satu hal baik yang menanti.

Buku yang memilih pesawat sebagai ikonnya ini membeberkan semua kiat-kiat sukses yang ada. Dan yang paling penting, BISA dilakukan siapa saja. Ada kiat mengenai do what you love—seperti yang sudah sempat disinggung di atas, keep searching, go for extra mild, bahkan ‘passion’ pun dibahas oleh BB. Passion lah yang menurut BB akan memberikan kita kekuatan untuk berbuat lebih.

Segala bentuk attitude, pemikiran, dan ide yang dimilikinya inilah yang mengantarkan BB meraih cita-citanya sebagai profesional yang sukses mengembangkan perusahaan. Sekarang BB bekerja di MRA Group, sebagai Head of F & B Division.

Buah memang tak jatuh jauh dari pohonnya. Di balik kesuksesan BB, ada figur seorang ayah yang terus memberikan inspirasi dan dorongan baginya. Figur itu adalah Henry Boen. “Dialah yang membentuk dan mengarahkan saya sejak kecil. Dia yang mengajarkan saya tentang leadership, selalu tepat waktu (on time), dan masih banyak lagi,” ujarnya melalui e-mail, kepada Kandang Gagas.


Buku Bewarna Kuning itu…
BB selalu merasa bahagia, senang, dan puas jika dapat memberikan kontribusi yang positif kepada semua orang. “Dengan menulis Young On Top , saya tidak hanya memberikan pengaruh positif terhadap orang-orang yang saya kenal, tapi kepada orang-orang yang membeli buku saya meski saya tidak mengenal mereka.” Ini diakui BB menjadi kesenangan baru yang didapatnya melalui Young on Top.

Kesempatan untuk sukses lebih besar jika kita melakukan apa yang kita cinta. Karena, ketika kita melakukan hal dengan cinta dan sepenuh hati, tanpa disadari semua pekerjaan yang dilakukan tidak terasa membebani,’ tegas BB. Ini adalah aturan pertama untuk mencapai sukses dalam pekerjaan kita: do what you love.

Terus menantang diri—go for extra mile—juga menjadi salah satu kunci sukses. Sangat penting ketika kita mampu menantang diri melebihi standar yang biasa kita tetapkan. Jangan pernah takut untuk menantang diri! Kita tidak akan pernah tahu sebatas mana kemampuan kita sampai kita mencobanya.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah keep searching! Keinginan untuk terus belajar, terus mencari membuat kita terus menantang diri. “Ketika kamu merasa bahwa kamu sidah pintar dan berhenti belajar, kamu akan segera dilewati oleh orang lain,” tulis BB di bukunya.

Kita juga masih akan menemukan 27 kiat-kiat lainnya di dalam buku Young on Top yang saat ini telah memasuki cetak ulang ketika sejak terbit di bulan April 2009. Bagi BB, 3 hal di atas adalah hal paling penting untuk meraih sukses. Namun, sah saja kalau confidence, outside the box, dan humble adalah tiga hal yang lebih penting menurut kamu.

Setiap orang berhak memiliki pandangan yang berbeda-beda, kan?

Lagipula, kamu yang menentukan suksesmu, dan kamu pula yang menentukan jalan untuk meraihnya. Sama seperti BB, baginya sukses adalah saat di mana kita berhasil mencapai apa yang menjadi impian (cita-cita) atau sesuatu yang kita targetkan. BB menyebut keduanya sebagai long-term goals dan short-term goals.

Jadi apa definisi sukses menurut kamu?


Arnold Bertanya, BB Menjawab

"Apa kiat Mas Billy bagi anak muda yang cenderung idealis
di tengah kondisi yang justru tidak ideal?
Dan, mana yang lebih penting: perencanaan atau tindakan?"

Arnold Malau
Mahasiswa Komunikasi UI


"Kita boleh menjadi seorang yang idealis, tapi kalau mau sukses kita harus lebih fleksibel. Jadilah seseorang yang optimis dan realistis. Untuk pertanyaan kedua, dua-duanya sama pentingnya. Suatu proyek tidak maksimal kalau perencanaanya tidak maksimal. Tapi, perencanaan yang maksimal tidak akan menghasilkan apa-apa kalau tidak diikuti oleh tindakan yang men-support rencana tersebut. Dua-duanya harus dilakukan sejalan dan sepenuhnya untuk mencapai apa yang kita inginkan, yaitu kesuksesan/keberhasilan"
Billy Boen



More About BB

Bekerja / bermain:
Bekerja (melakukan sesuatu yang kita cintai) sehingga rasanya seperti 'bermain'.

Early bird / night owl:
Night Owl karena inilah waktunya saya menjalin network saya, tapi bukan berarti tidur malam boleh membuat kita bangun siang!

Citra diri / materi:
Materi karena, dengan kita memperhatikan materi, citra diri akan terbentuk dengan sendirinya.

Menulis / membaca:
Membaca karena kita bisa belajar lebih banyak dengan membaca, tapi setelah mendapatkan ilmu yang banyak… menulislah!

Idealis / realistis:
Optimist Realistis. Kita harus optimis.. tapi realistis juga.

Proses / hasil:
Hasil. Cara mencapai tujuan boleh berbeda-beda caranya, tapi yang penting sampai ke tujuan (asalkan caranya halal).

Hitam / putih:
Putih. Harus melakukan segala sesuatunya dengan integritas.

Melakukan/mengamati:
Melakukan. Tanpa melakukan, kita tidak akan menghasilkan apa-apa.

***
foto-foto
diambil dari
www.youngontop.blogspot.com

1 comment: