Jan 14, 2008

Pentingan APA atau SIAPA?

Bulan Januari ini banyak banget yang ulang tahun. Email gw, friendster gw, facebook gw, handphone gw, dan kalender yang ada di kamar gw, semuanya coba ngingetin gw sama sapa aja yang ulang tahun di bulan ini. Hmmm …. Apa mungkin ya sekitar bulan Mei dan Juni banyak banget orang yang ‘kawin?’

Yaaaahhh … mo banyak atau ngga, yang pengen gw bahas bukan soal kawin dan dikawinin, tapi soal PENTING NGGA SIH KADO DIBUNGKUS?

Dengan banyak yang ulang tahun, tentu banyak kado yang dibeli (kalo ada duit hehehehe). Nah kalo ada banyak kado, pasti akan ada banyak bungkus kado kan? Terus apakah kita harus membungkus kado itu dengan indah?

Gw adalah tipikal orang yang melihat SIAPA (pemberi kado), bukan APA (kado). Jadi mau gimanapun bentuk dan isi hadiahnya, kalo itu dari orang yang sangat gw sayang dan hormatin, itu menjadi hal yang special. Emang sih, kado yang dibungkus dengan apik mampu bikin kita terkesan. Tapi gimana kalo kado yang terbungkus dengan apik itu ternyata berisi benda-benda yang menyeramkan?

Mungkin kado itu dibungkus sedemikian apiknya biar si penerima kado terkesan? Sama aja kayak marketing: produk dikemas dengan apik biar menarik hati konsumen. Apakah itu sebuah pembohongan publik? Menurut gw sih ngga begitu. Itu cuma sebuah strategi aja, karena biasanya orang akan terkesan dengan packaging yang menarik.

Terus apakah ada cara ngga untuk menarik hati orang tanpa menggunakan packaging yang mewah? Dalam advertising dan marketing dikenal istilah Integrated Marketing Communication (IMC), dimana konsumen mencoba mendekatkan diri pada konsumennya. Dengan memberikan sebuah experience dan rasa memiliki ke jiwa konsumen. Tapi tetep aja IMC itu juga harus dikemas dengan baik (baca: strategi dikemas dengan baik)

Well … ternyata, baik dari segi packaging atau pun IMC, semuanya mesti dikemas dengan baik untuk menarik hati targetnya. Tapi …. Perlu diimbangin juga dong sama isinya! Hehehehehe ….

*Hmmm ... kayaknya gw perlu ngubah pola pikir"

Terus …. Gimana menurut kalian?
Gw tunggu ya komentarnya!

Have a nice day!

6 comments:

  1. semoga DIA (you know who)yang mengusulkan, mending kasih kado tanpa bungkus itu, baca dan sadar ya Tuhaaaan.....

    ReplyDelete
  2. buat gue ya... yang penting niatn dan apa yang gue kasihin. bungkus tuh cuman banyak-banyakin sampah. kan sayang.

    semoga DIA--you know juga who--sadar bahwa bumi ini semakin banyak sampah. dan sadar, bungkus itu nggak terlalu penting. yang penting...isinya. hehehehehe

    ReplyDelete
  3. kok jadi menggosip tentang DIA ya?
    hahahahahahaha

    ReplyDelete
  4. kalo gue, lebih suka kado yang dibungkus rapi dan bagus. ini tandanya si pemberi perhatian banget sampe merhatiin detail kecil.

    coba bayangin, orang sebaik apa pun, secakep apa pun, kalo pakaiannya jelek atau malah ngga pake baju, ya tetep aja keliatan jelek.

    gw paling sebel kalo ada yang ngasih kado ngga dibungkus, cuma diplastikin aja. trus plastiknya ada tulisan nama toko kayak gramedia atau matahari. kesannya tuh orang kebetulan lagi belanja, terus inget gw.

    NB: bungkus kadonya yg recycable ya. makasih :)

    ReplyDelete
  5. g setuju Jeff. mau secakep apa kalo pake bajuny asal2an jadi kagak cakep.

    ReplyDelete
  6. maksud lo itu gw ya, jef? idih, kata siapa gw kebetulan belanja. waktu beliin lo kado itu, gw dengan niatnya malam-malam ke gramed. sampe maksa penjaganya bongkar-bongkar gudang untuk nyari itu lampu.

    persoalannya cuman, gue nggak suka aja repot dengan urusan 'luar'. lagian, lo buang gini ntar bungkusnya. malah, gue sempet bilang gue nggak mau plastiknya. cuman mo pake kotaknya aja. tapi susah bo nentengnya.

    dibungkus pake recyle paper? mahal, jeffriiiiiiiii!!!!!! abis itu lo buang juga kan??

    hiks. segitu doang lo nilai ketulusan orang ternyata.

    ReplyDelete