May 16, 2008

Sore-sore dengerin SORE

Pernah ngga sih kalian mendengar sebuah lagu, terhanyut dalam liriknya, terbuai oleh nadanya, sehingga menciptakan sendiri sebuah teater di dalam kepala?

Atau mungkin, kalian pernah membaca lirik sebuah lagu yang menginspirasi kalian untuk mengembangkan liriknya menjadi sebuah cerita?

Ada lagu dan lirik menarik nih...

Kalo kalian tipikal orang yang suka dengan puisi, coba deh dengerin lagu-lagunya SORE, di album terbarunya, PORTS OF LIMA. Makna dari setiap katanya inplisit, sehingga mampu membuat perspektif yang berbeda dalam benak setiap orang.

Coba deh kalian dengerin lagu "merintih perih" kira-kira apa maksudnya, ya? Sepertinya setiap orang akan memiliki imajinasi yang berbeda.
Nah... setelah mendengarkan lagu-lagu SORE, siapa tahu kalian terinspirasi untuk membuat buku bergenre songlit.
Gimana? Siap mencoba?
Atau mungkin, sudah terinspirasi dengan lagu-lagu lain?

11 comments:

  1. kalo gagas bikin buku songlit itu sebenernya inisiatifnya dari siapa, sih?
    redaksi? penyanyi? ato penulisnya?
    terus juga khusus lagu2 indonesia doank ya?

    ReplyDelete
  2. gue pernah tuh ketemu SORE BAND waktu ngamen tengah malem bawain lagu Sailormoon di Perempatan Tol Pasteur. Doi ngasih gue pick gitar. Dan ada temen-temen ngamen gue juga yang punya pick SORE. Tapi lagu=lagunya sendiri gue enggak apal satupun. Btw, Gas, apa ini semacam tawaran buat nulis songlit yang diadaptasi dari lagu SORE ya?

    ReplyDelete
  3. hmmm... kayaknya boleh juga tuh dicoba... sebuah tantangan yang manis dr kru Gagas :)

    ReplyDelete
  4. re: songlit itu awalnya kerjasama gagas dan pihak pencipta lagu/artis. bisa si artisnya menghampiri gagas, atau gagas mencari si artis. jadi ada kesepakatan dulu di awal bahwa lagu itu boleh diadaptasi menjadi novel.setelah beres, baru deh cari penulis.begitu... :)

    ReplyDelete
  5. Dear ceko...
    Oh ngga kok. Itu hanya sebuah pencerahan aja... siapa tahu terinspirasi. Atau mungkin Ceko sudah mendapat isnpirasi dari artsi lain?

    ReplyDelete
  6. Dear ceko...
    Oh ngga kok. Itu hanya sebuah pencerahan aja... siapa tahu terinspirasi. Atau mungkin Ceko sudah mendapat isnpirasi dari artis lain?

    ReplyDelete
  7. Dear ceko...
    Oh ngga kok. Itu hanya sebuah pencerahan aja... siapa tahu terinspirasi. Atau mungkin Ceko sudah mendapat isnpirasi dari artis lain?

    ReplyDelete
  8. re: atau kalo ada yang udah dapat persetujuan dari artis/pencipta lagu, lalu menuliskan songlit, bisa kok langsung mengajukannya ke gagas :)

    ReplyDelete
  9. ada lagu yang udah buat aku terinspirasi nih...harus ngajuin persetujuan dulu atau langsung kirim aja tulisannya ke gagas?

    ReplyDelete
  10. Dear Gagas... aku udah pernah minta izin secara lisan buat bikin Songlit "Aku Masih Sayang" ST12 Band. Mereka udah ngasih persetujuan tapi enggak secara formal. Mungkin kalo Gagas mau bantu hubungin si artis, gue mau nyoba bikin tu Songlit. Intinya sih... uhm... ya, sama sekali belum bikin coz takutnya capek-capek bikin, eh malah enggak dapet izin en timbul masalah hak cipta kayak masalah Ahmad Dhani "Arjuna Mencari Cinta" itu loh:p

    ReplyDelete
  11. re: hmmm..., ide itu kan datang dari mana aja. sebuah lagu tentang cinta atau apa aja bisa mengisnpirasikan kita untuk menulis.hasilnya bisa berupa songlit (penulis ya menjalin komunikasi ide dengan si pencipta lagu), atau memang bentuk baru dari sebuah karya sendiri.ya, jangan terpatok urusan perizinan, atau 'maunya genre songlit' untuk mulai menulis :)

    ReplyDelete