Mar 10, 2009

Belajar Menyunting 1

Salaam,
Apa kabar semua? Masih senang nulis, masih ketagihan baca? Masih, dong, ya. Buktinya, kami-kami di kandangagas gak pernah berhenti kebanjiran naskah dari kamu-kamu.

Nah, mulai bulan ini, kandangagas akan berbagi dikiiiiiiit, hihi, pengetahuan “menulis” yang baik. Tidak bermaksud menggurui, sekali lagi, kami hanya berbagi. Karena, percaya, deh, saat tulisan kamu semakin rapi, yang baca juga semakin asyik.

Oke, mari kita mulai dengan penggunaan awalan dan kata depan -di. Penggunaan kata depan dan awalan di, sering kali ditulis salah. Yuk, mari, silakan diamati.


Perbedaan —di kata depan dan –di awalan
Kata depan di digunakan untuk menunjukkan tempat atau menerangkan tempat.
Contoh:
Ada banyak makanan yang tersedia di atas meja panjang itu.
Di antara pilihan itu, dia tak mampu untuk memilih apa pun.
Kemarin, saat berada di pasar, di sebelahnya dia melihat pencopet beraksi.

Kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya.
Jadi, penulisannya seperti ini:
- di atas meja panjang bukan diatas meja panjang
- di antara bukan diantara
- di pasar dan di sebelahnya bukan dipasar dan disebelahnya

Ada pula di yang digunakan sebagai awalan. Sebagai awalan, di tidak menunjukkan tempat. Penulisan di sebagai awalan serangkai atau disambungkan dengan kata yang mengikutinya.
Contoh:
Kue cokelat itu dibuat oleh Tante Ani.
Sita dirawat di Rumah Sakit.
Buku cerita Harry Potter ditulis oleh J.K Rowling.

Jadi, penulisannya seperti ini:
- dibuat bukan di buat
- ditulis bukan di tulis


Gita Romadhona

9 comments:

  1. kak gita, imyut banget nih fotonya. pasti aslinya lebih cantik deh!

    ReplyDelete
  2. emang yang di poto gak cantik ya, ah masa, sih. biasanya akyu di mana2 oke, hahahaha, *narsis amit* . salam kenal panda :D

    ReplyDelete
  3. Saya mau dong jd penulis d blog ini

    ReplyDelete
  4. kak gagas media,
    kapan ada pengumuman buat editor freelance-nya (teman bermain dan belajar)tempo dulu? kan, aku sudah daftar.

    ReplyDelete
  5. hey diandra,

    terima kasih loh sudah berkirim cv ke kami untuk posisi editor freelance.

    untuk lowongan editor freelance dan segala yang freelance, itu tidak akan ada pengumuman. kami mempelajari lamaran yang masuk, dan kalau cocok akan segera kami hubungi.

    namanya juga freelance.

    begitu.

    salam,

    ReplyDelete
  6. blajar dulu ah,kl udah pinter kirim naskah ke gagas,hehehe

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sudah memuat ini. Saya juga suka kesal kalau di TV atau blog-blog yg saya baca "di" dan "ke" penulisannya salah. Padahal sdh dibahas sejak SD. Jelas sudah, pelajaran bahasa Indonesia tidak patut diremehkan.

    ReplyDelete
  8. wah... bener tuh! awalnya aku juga keseringan salah ngebedain "di" untuk kata depan dan "di" untuk awalan.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete